Pidato Bahasa Sunda – Pidato Bahasa Sunda dapat diartikan berbicara didepan umum atau khlayak ramai dengan tujuan agar mengikuti atau meberikan informasi ke orang banyak supaya mengikuti dan melakukan apa yang kita inginkan. Dalam Pidato Bahasa Sunda juga sama halnya dengan pidato dengan bahasa indonesia yaitu ada aturannya, tidak hanya memaparkan atau mengajak sesuai keinginan kita.

Pidato Bahasa Sunda juga harus mempersiapkan apa saja yang akan disampaikan di depan publik tersebut, termasuk  pidato bahasa sunda juga harus dipersiapkan teks pidato atau naskah pidato tersebut tentunya dalam bahasa sunda. Agar apa-apa yang mau disampaikan dalam berpidato tidak akan kelewat karena sudah dipikirkan dari sebelumnya.

Dalam menyusun naskah Pidato Bahasa Sunda hendaknya ditulis terlebih dahulu hal-hal penting mengenai acara, misalnya nama acara, para undangan yang hadir, serta tujuan dari penyelenggaraan acara. Setelah itu, buatlah kerangka naskah pidato dengan memerhatikan bagian-bagian pidato bahasa sunda tersebut. Biasanya hal-hal yang harus ada dalam naskah pidato yaitu :

1. Salam atau sapaan pembuka.
2. Pembuka pidato.
3. Isi pidato.
4. Penutup pidato.
5. Salam penutup.

Tujuan utama dari membuat naskah pidato bahasa sunda agar dalam pidato tersebut berjalan lancar dan apa-apa yang disampaikan berkualitas, efektif dan sampai pada inti yang sesuai dengan apa yang disampaikan. Sehingga orang lain yang mendengarkan pidato tersebut menilai bahwa sobat-sobat semua pribadi yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.