Cerpen Bahasa Sunda

Cerpen Bahasa Sunda – Cerpen atau yang dikenal dengan cerita pendek, merupakan karangan fiktif yang isinya biasanya sebagian kehidupan seseorang atau juga kehidupan yang diceritakan secara ringkas kepada satu tokoh saja. Mungkin sobat-sobat semua sudah biasa dengan cerpen dalam bahasa indonesia akan tetapi dalam bahasa sunda juga ada karangan cerita pendek yang disebut cerpen bahasa sunda.

Cerpen bahasa sunda yang biasa disebut dengan carpon atau carita pondok. Cerpen dalam bahasa sunda itu seperti halnya cerpen dalam bahasa indonesia. Mengisahkan berbagai peristiwa hidup, baik fiksi atau non fiksi. Perbedaannya adalah dalam penggunaan bahasa dan keterkaitan dengan kehidupan dari budaya Sunda sendiri.

Cerpen bahasa sunda biasanya cerita yang habis dibaca sekitar sepuluh menit atau setengah jam. Jumlah katanya sekitar 500-5.000 kata. Oleh karena itu, cerita pendek sering diungkapkan sebagai cerita yang dapat dibaca dalam sekali duduk. Cerpen bahasa sunda pada umumnya bertema sederhana. Jumlah tokohnya pun terbatas. Jalan ceritanya sederhana dan latarnya meliputi ruang lingkup yang terbatas sehingga jalan ceritanya langsung tamat. Untuk unsur-unsur dan ciri ciri cerpen bahasa sunda juga sama halnya dengan cerpen dalam bahasa indonesia.

Satu Komentar pada “Cerpen Bahasa Sunda”

  1. mana cerpennya gaada ihh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.