Sisindiran Bahasa Sunda

Sisindiran Bahasa Sunda – Sobat-sobat semua mungkin dah tau dengan salah satu karya sastra sunda ini yaitu sisindiran bahasa sunda. Sisindiran berasal dari kata sindir, artinya berkata  atau perkataan secara tidak langsung atau tidak terus terang kepada orang yang dimaksud.

Sisindiran tumbuh dan berkembang pada masyarakat bahasa Sunda umumnya. Sisindiran berasal dari kata sindir ‘sindir, menyindir’, artinya berkata secara tidak langsung atau tidak terus-terang. Sisindiran bahasa sunda  juga mempunyai persamaan bunyi dan mempunyai sampiran dan isi.

sisindiran bahasa sunda
Sisindiran Bahasa Sunda

Seperti yang sobat-sobat semua ketahui pantun digunakan untuk mencurahkan sesuatu, seperti isi hati seseorang, dengan mengungkapkan sesuatu dengan pantun, ungkapan itu terdengar lebih menarik, unik dan lucu. Begitu juga dengan sisindiran bahasa sunda berisi ajaran atau kalimat yang mengandung pesan moral dan ajaran yang dalam. Banyak orang yang menganggap sisindiran bahasa sunda identik dengan hanya berisi hal-hal lucu atau lelucon semata dan juga berisi hal-hal berbau seks (jorang). Anggapan tersebut sebenarnya keliru karena banyak sekali sisindiran bahasa sunda yang isinya nasihat dan mempunyai pesan moral tentunya.

Baiklah sobat sobat semua dibawah ini beberapa contoh dari sisindiran bahasa sunda

  1. Sisindiran Bahasa Sunda Heureuy /Lelucon 1
  2. Sisindiran Bahasa Sunda Heureuy /Lelucon 2
  3. Sisindiran Bahasa Sunda Lucu
  4. Sisindiran Bahasa Sunda Bodor
  5. Sisindiran Bahasa Sunda Sesebred /Heureuy

Untuk contoh sisindiran bahasa sunda lainnya sobat sobat semua bisa baca lagi postingan lainnya di sisindiran sunda

Selama ini juga masih banyak yang menganggap bahwa membuat sisindiran bahasa sunda merupakan hal sulit dibandingkan membuat pantun dalam bahasa Indonesia. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena di dalam Bahasa Sunda sebenarnya lebih kaya kosakata dibanding bahasa Indonesia. Dalam Bahasa Sunda ada istilah bahasa kasar dan bahasa lemes dsb. Contohnya makan dalam bahasa Sunda bisa diartikan beberapa kata diantaranya : tuang, emam, neda, dahar, nyatu dan sebagainya.

Untuk sobat-sobat semua yang mencari Sisindiran Bahasa Sunda maka  pantengin terus webnya saya yaa. untuk kedepannya saya akan posting contoh-contoh sisindiran bahasa sunda tersebut. Semoga untuk postingan kali ini bermanfaat bagi sobat-sobat semua. Sobat-sobat bisa juga baca postingan saya tentang carpon bahasa sunda di postingan sebelumnya yaa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.