Dongeng Bahasa Sunda

Dongeng Bahasa Sunda – Sobat sobat semua tau bahwa negara Indonesia kaya akan budaya dan suku yang beraneka ragam. Setiap suku bangsa di negara indonesia mempunyai dongeng, salah satunya suku sunda mempunyai yang disebut dongeng bahasa sunda. pada jaman dulu Dongeng bahasa sunda biasa dilakukan oleh orang kepada anaknya supaya tidur malam hari yaa. Sekarang tradisi dongeng bahasa sunda sudah barang langka lagi bahkan hampir tidak ada sama sekali.

Dongeng Bahasa Sunda
Dongeng Bahasa Sunda

Dalam dongeng bahasa sunda sama halnya dengan dongeng dongeng dari suku bangsa indonesia yang lain. Karena sebenarnya dalam dongeng bahasa sunda, alur ceritanya fiksi artinya cerita khayalan atau cerita yang benar benar tidak terjadi. Untuk tokoh, jalan ceritanya dan waktu kejadian dalam dongeng bahasa sunda juga tidak masuk akal.

Supaya tidak bingung bagi sobat sobat semua dibawah ini contoh dari dongeng bahasa sunda

  1. Dongeng Bahasa Sunda “Sasakala Situ Ci Leunca”
  2. Dongeng Bahasa Sunda “Sasakala Majalengka”
  3. Dongeng Bahasa Sunda “Gajah Eleh Ku Sireum”
  4. Dongeng Bahasa Sunda “Sakadang Maung Jeung Sakadang Bagong”
  5. Dongeng Bahasa Sunda “si Kabayan Hitut”
  6. Dongeng Bahasa Sunda “Raja Prabu Siliwangi”
  7. Dongeng Bahasa Sunda “”
  8. Dongeng Bahasa Sunda “”
  9. Dongeng Bahasa Sunda “”
  10.  

Selain contoh diatas sobat semua bisa baca lagi postingan saya tentang dongeng sunda, karena banyak sekali contoh dongeng bahasa sunda.

Dongeng bahasa sunda merupakan merupakan bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara terun-temurun dari nenek moyang yang biasanya melekat budaya sunda dan bahasa sunda itu sendiri. Selain itu dongeng bahasa sunda mempunyai fungsi untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik), dan juga menghibur terutama bagi anak anak. semoga untuk postingan kali ini bermanfaat bagi sobat sobat semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.