Dongeng Sunda Sasatoan

Dongeng Sunda Sasatoan

Dongeng Sunda Sasatoan – Dalam postingan sebelumnya di dongeng bahasa sunda, dongeng itu merupakan cerita fiksi yang berarti cerita yang di buat buat atau khayalan yang kebenarannya diragukan. Akan tetapi cerita dalam dongeng biasanya berisi nasehat atau juga bisa menjadi pelajaran dalam menjalanai kehidupan kita. Sehingga banyak sekali dongeng sunda termasuk dongeng sunda sasatoan yang sekarang ini masih ada.

Perlu diketahui sobat semua bahwa tradisi dongeng itu ada dimana mana, tidak hanya di budaya sunda saja. Di daerah lain bahkan d dunia mempunyai dongeng sehingga untuk jalan ceritanya juga berbeda beda. Dalam kehidupan orang sunda kita mengenal banyak dongeng sunda yang turun temurun yang menyebar dari generasi ke generasi. Salah satunya dongeng sunda sasatoan.

Dongeng sunda sasatoan merupakan dongeng yang menceritakan kehidupan binatang atau dalam bhs sunda dikenal dengan sasatoan. Dengan tokoh utamanya sasatoan misalnya kuya, monyet, peucang, mubding dan sebagainya. Dalam dongeng sunda sasatoan biasanya menceritakan kehidupan binatang yang mirip atau sama dengan kehidupan manusia seperti antara sasatoan bisa saling tolong menolong.

Untuk sobat semua yang penasaran dibawah ini sebagian contoh dongeng sunda sasatoan yaa. sobat semua bisa baca lagi dongeng sunda untuk mengetahui contoh dongeng bahasa sunda lainnya.

  1. Dongeng Sunda Sasatoan “Sakadang Kuya Jeng Sakadang Monyet Ngala Nangka”
  2. Dongeng Sunda Sasatoan “Sakadang Kuya Jeng Monyet Parebut Cau”
  3. Dongeng Sunda Sasatoan “Sakadang Peucang Jeng Buaya 1”
  4. Dongeng Sunda Sasatoan “Sakadang Peucang Jeng Buaya 2”
  5. Dongeng Sunda Sasatoan “Sakadang Kuya Jeung Monyet Ngala Cabe”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.